Sejarah Hacker

hacker dan cracker

Istilah Hacker di kenal pada awal tahun 1960. sekelompok mahasiswa yang ahli di bidang komputer dan mereka adalah salah satu orang yang membuka jalan di bidang teknologi komputer. pada saat itu istilah Hacker di pandang sebagai hal yang sangat baik. karna arti hacker adalah orang yang menemukan atau semacam ahli di bidang teknologi komputer.

Namun istilah Hacker mulai di pandang negatif  oleh masyarakat pada tahun 1983. karena pada tahun tersebut FBI ( Federal Bureau of Investigation ) menemukan dan menangkap sekelompok penjahat dengan media komputer dengan nama The 414s di Milwaukee, Amerika Serikat nama tersebut di ambil dari kode area jaringan mereka.
mereka dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 untik kompter milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering dan komputer Laboratorium Nasional Los Alamos.

Setelah itu, muncul lagi sekelompok pria yang mengaku pengembang teknologi. mereka senang membobol komuter dan mengutak-atik telepon. mereka di sebut sebagai Cracker kebanyakan para hacker tidak ingin bergaul dengannya karena sifatnya yang malas, tidak terlalu cerdas, dan tidak berani bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan.

Nama baik Hacker tercoreng karna kesalahan masyarakat dalam menilai mereka. yang mereka ketahui Hacker adalah orang yang merugikan orang lain dengan menyebar virus kompeter, membobol situs tertentu untuk di masuki kode virus atau untuk mengambil alih situs tersebut. padahal yang semestinya mendapat julukan tersebut adalah Cracker.

Cracker  yang sebenarnya suka masuk pada celah sestem keamanan suatu situs dan perangkat lunak untuk merusaknya atau memasuka virus agar virus tersebut tersebar lewat internet.

Karena kesalah pahaman masyarakat ini, muncul lagi istilah Haker dengan 2 jenis yang berbeda yaitu,

White Hat Hackers
Hacker yang mencari, menemukan dan memperbaiki sistem keamanan komputer atau perangkat lunak yang lemah supaya menjadi lebih baik dari sebelumnya

Black Hat Hackers
Merekalah para cracker yang lebih suka menerobos masuk sistem keamanan situs web, komputer, perangkat lunak tanpa memiliki izin dengan tujuan mengambil alih apa yang sudah meraka masuki, memasuki virus yang mereka ciptakan, agar tersebar lewat jaringan internet, mencari uang. dan banyak hal negatif lain yang mereka salah gunakan dengan kemampuan teknologi mereka.

Demikanlah sejarah Hacker,berawal dengan nama yang baik namun menjadi buruk. karena beberapa orang yang menyalah gunakan istalah tersebut yang mengubah pendapat masyarat terhadap Hacker. jadi jangan pernah salah menggunakan istilah yang sebenarnya sudah baik dan mengubahnya menjadi buruk. untuk kepentingan anda sendiri. sebab nama yang sudah kotor. sangat susah di bersihkan.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

1 komentar:

wah seru nih kalau jadi hacker :D follow balik ya bang aliarsablog.com

jangan sungkan berkomentar dengan sopan
dilarang memasang spam, memasang iklan, link aktif/mati dan memasang hal tentang pornografi.

Apabila ingin memasang gambar, cukup masukan link gambarnya.
Gunakan Konversi kode jika ingin memasukan kode script


Konversi KodeEmoticon